Kelurahan Kutoanyar .

Kutoanyar

Profil Kelurahan

Kutoanyar adalah kelurahan di kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, yang memiliki luas wilayah 1,15 km2, dengan jarak 2,0 km ke ibukota kecamatan Tulungagung.

Kelurahan Kutoanyar memiliki luas lahan 115,40 Ha, dimana 65 Ha digunakan sebagai sawah, 45,72 Ha digunakan sebagai pekarangan dan bangunan, dan 4,68 Ha adalah tanah kering lainnya. Pola pembangunan lahan di Kelurahan Kutoanyar lebih didominasi oleh produksi tanaman hortikultura (mangga, pisang, pepaya), diikuti dengan produksi padi dan jagung, serta produksi ternak sapi, kambing/domba, kelinci, ayam, itik/mentok.

Berdasarkan kelompok jenis kelamin, Kelurahan Kutoanyar memiliki jumlah penduduk sebanyak 5.397 jiwa dengan rincian laki-laki (L) 2.635 jiwa, perempuan (P) 2.762 jiwa.

Dari tingkat pendidikannya, sebanyak 63 orang lulusan SD, 140 orang tamatan SLTP, 118 orang tamatan SLTA, 10 orang lulusan D-1, 9 orang lulusan D-2, 25 orang lulusan D-3, 4 orang lulusan S-1, dan 3 orang lulusan S-2. Mata pencaharian masyarakatnya didominasi oleh wiraswasta (722 orang), diikuti dengan industry pengolahan (360 orang), jasa-jasa (237 orang), konstruksi dan bangunan (152 orang), angkatan dan komunikasi (77 orang), pertanian (128 orang), keuangan, persewaan dan jasa perusahaan (18 orang). 

Berbagai fasilitas di Kelurahan Kutoanyar meliputi fasilitas Pendidikan seperti 1 TK Negeri, 1 TK Swasta, 2 SD Negeri; fasilitas Kesehatan yang terdiri dari 1 RS Bersalin, 7 Posyandu, 1 Polindes; fasilitas olahraga seperti 1 fasilitas sepakbola, 1 fasilitas bulutangkis, 2 fasilitas volley ball, 2 fasilitas tenis meja, 1 fasilitas silat/karate; fasilitas organisasi kesenian seperti 1 fasilitas jaranan, 1 fasilitas orkes. Selain itu, terdapat fasilitas tempat ibadah, yaitu 8 masjid, 3 mushola, dan 1 gereja. Di kelurahan Kutoanyar juga terdapat 161 kios/toko, 79 pracangan, 57 warung, 1 KSP, 1 Kelompok UED, 8 rumah makan/restoran.

Sejarah Kelurahan

Kata Kutoanyar apabila dieja persuku kata menjadi Kuto dan Anyar, yang dalam bahasa jawa bermakna Kuto sama halnya kutho, dalam bahasa indonesia bermaknan Kota dan Anyar adalah kata jawa yang dalam bahasa indonesia bermakna Baru. Jadi Kutoanyar apabila diartikan dalam bahasa indonesia berarti Kota Baru

Nama tersebut sesuai dengan berbagai cerita yang berkembang di masyarakat Kutoanyar, baik dari para tokoh, para orang tua, yang diceritakan turun-temurun dan dipercaya di kalangan masyarakat luas. Bahwasannya pada masa lampau, pada saat itu Ibu Kota Tulungagung yang ditandai dengan berdirinya sebuah Pendopo Agung. Semasa itu Tulungagung masih dalam kondisi banjir, yang berlangsung terus menerus setiap tahun, pada saat itu Ibu Kota Kabupaten Tulungagung masih berada di Kalangbet Kecamatan Kauman.

Setelah Beberapa masa Ibu Kota Kabupaten Tulungagung berpindah ke timur, dan menurut cerita letaknya di tepi Sungai Ngrowo, sehingga wilayah tersebut diberi nama Kutoanyar dan yang menjabat bupati waktu itu adalah Pringgodiningrat.

Wilayah Kelurahan

1
RW
1
RT
Batas Kelurahan

Maklumat Pelayanan

Dengan ini kami sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar dan budaya pelayanan 5S yaitu : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Apabila tidak menepati janji ini kami bersedia diberi sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku
images

Struktur Pemerintahan

Kelurahan Kutoanyar

Ingin tahu statistik kelurahan lainnya?